Menjalankan bisnis catering yang sukses

bisnis cateringBisnis Catering

Catering merupakan salah satu bagian terpenting dari perencanaan acara yang membuat pertemuan sukses atau berantakan. Baik itu acara penggalangan dana maupun acara pernikahan.

Itulah mengapa seorang manajer catering seringkali menentukan sebuah acara akan sukses atau malah berantakan karena catering yang tidak sesuai dengan harapan.

Disisi lain, bisnis catering merupakan bisnis yang mengiurkan dengan keuntungan yang cukup besar. Tidak itu saja, bisnis catering terlihat sangat mudah dijalankan. Walaupun sebenarnya tidak selalu seperti yang dipersepsikan.

Nah, kabar gembiranya. Pada kesempatan ini kami akan berbagi beberapa tips sederhana terkait dengan bisnis catering. Bagaimana membangun bisnis catering yang sukses dan menjadi rujukan banyak orang dalam memilih catering saat mengadakan acara-acara penting. Seperti acara pernikahan maupun acara khitanan.

Kami dari perusahaan catering bandung ingin berbagi tips sederhana itu pada anda. Semoga saja bisa membantu anda yang ingin membuka usaha catering.

Bekerjalah diperusahaan catering untuk mendapatkan pengalaman

Jika anda berniat untuk membuka bisnis catering, usahakan sebelum membukanya anda sudah memiliki pengalaman yang cukup saat bekerja diperusahaan catering.

Jika anda belum punya pengalaman, segeralah melamar ke perusahaan catering sesegera mungkin. Dapatkan pengalaman bekerja di perusahaan catering setidaknya selama 1 tahun.

Durasi 1 tahun sebenarnya tergantung seberapa cepat anda belajar. Jika anda bisa belajar dalam 3 bulan, maka itu cukup bagi anda bekerja disana.

Misalnya dalam penentuan menu, anda bisa lihat contohnya disini: http://ringkatering.co.id/jasa-pelayanan-catering-murah-di-bandung/

Sewa tempat yang layak

Selanjutnya, usahakan untuk menyewa tempat yang layak untuk usaha catering anda. Ukurannya tentu tergantung budget dan besar kecilnya usaha catering anda.

Kami tidak menyarankan anda untuk membuka usaha catering di dapur rumah anda. Walaupun untuk kondisi tertentu pilihan ini bisa saja anda lakukan.

Tapi, jika anda punya budget yang cukup, maka usahakan menyewa tempat yang representative.

Sewa peralatan dan perlengkapan usaha catering

Ingat, saat memulai bisnis catering anda tidak perlu membeli segala sesuatunya diawal. Jika ada peralatan maupun perlengkapan yang bisa anda sewa, maka ambil opsi sewa perlengkapan alat catering tersebut.

Selain menghemat budget anda saat memulai bisnis catering, ini juga mengurangi resiko kerugian jika usaha catering anda tutup ditengah jalan.

Tetapkan harga yang tepat

Selanjutnya anda harus menetapkan harga yang tepat sesuai dengan konsumen dan harga pasaran ditempat tersebut.

Jangan jadikan harga dipropinsi lain sebagai patokan. Anda harus menjadikan harga catering daerah tersebut sebagai acuan utama. Kecuali catering anda memiliki menu yang unik dan sama sekali berbeda dengan catering lainnya.