Kuliner Viral! Es Dawet Jembut Kecabut

Wisata kuliner tidak jarang kali jadi menjadi peluang menyenangkan ketika bepergian di sebuah tempat. Apalagibila kuliner tersebut ialah khas wilayah dan sulit didatangi di lokasi lainnya. Sayang banget kan bila dilewatkan. Toh enggak masing-masing hari kan anda bepergian? Bagi itu, usahakan luangkan waktumu tidak banyak untuk wisata kuliner saat mengunjungi sebuah tempat atau kabupaten yang anda kunjungi.

Nah, andai kamu berangjangsana ke Kota Purworejo, Jawa tengah. terdapat minuman khas wilayah ini yang enggak boleh anda lewatkan sama sekali, yakni dawet hitam. Agak jauh dari kota, tepatnya di perbatasan Purworejo dengan Kebumen, kamu dapat menemukan Es Dawet Jembut Kecabut ini.

Es Dawet Jembut Kecabut ini barangkali terdengar tidak banyak saru atau jorok ya ditelinga. Tapi ternyata terdapat singkatannya loh, enggak ngasal kok.

Es Dawet Jembut Kecabut, Kuliner Khas Purworejo Ini Wajib Kamu Nikmati!

Dalam bahasa Jawa, jembut berarti rambut kemaluan. Kecabutdengan kata lain tercerabut dari akarnya haha. Membayangkan dawet hitam dengan nama jembut kecabut pasti agak jijik dan ngilu ya dengernya. Namun sebetulnya maksudnya tidaklah demikian. Dinamai Es Dawet Jembut Kecabut merupakan karenatempatnya berada di Jembatan Butuh (jembut), Kecamatan Butuh (kecabut). Unik dan nyentrik memang. Bagi itulah dawet hitam ini pun paling legendaris. Banyak orang luar kota datang jauh-jauh ke sana melulu untuk menyantap kesegaran es dawet yang satu ini

Lokasinya sedang di jalan raya Purworejo-Kebumen, tepatnya di unsur timur Jembatan Butuh. Enggak terlalu sulit kok nyarinya

Sejarah dawet hitam khas Purworejo dirintis oleh Mbah Ahmad pada tahun 1950. Beliau menegakkan warung dawet hitam yangtempatnya berada di unsur timur Jembatan Butuh. Di lantas hari, usaha es dawet hitam ini diteruskan oleh anaknya yang mempunyai nama Pak Wagiman. Usaha dawet hitam yang dilanjutkan Pak Wagiman ini pun meningkat ramai dan populer. Kini dawet hitam telah menjadi kuliner khas Purworejo.

Lokasi Warung Dawet Ireng Pak Wagiman ini lumayan strategissebab terletak di ambang Jalan Raya Purworejo-Kebumen tepatnya di sebelah unsur timur Jembatan Butuh. Namun anda harus lebih cermat untuk mengejar posisi warung ini sebab ada sejumlah jembatan serupa di sepanjang jalan raya penghubung antara kota Purworejo dengan kota Kebumen.